TRASNCO INDONESIA

TRASNCO INDONESIA

TRASNCO INDONESIA


Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand

Posted by: 24-09-2020 20:59 WIB 209 viewer

-

Tri Raharjo: Marketing dan Inovasi, Kunci Keberhasilan Sebuah Brand
CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Founder INFO BRAND GROUP, Tri Raharjo saat sesi seminar berjudul "Inspiring Marketing & Innovation Brands"

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Marketing dan inovasi merupakan suatu kunci keberhasilan sebuah brand. Demikian yang disampaikan CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Founder INFO BRAND Group, Tri Raharjo dalam seminar berjudul “Inspiring Marketing & Innovation Brands” di acara virtual penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020 pada Kamis (6/8) lalu.  

Menurut Tri, sinergitas antara marketing dan inovasi perlu dilakukan. Tentu saja, alasannya karena sangat berpengaruh terhadap masa depan bisnis. “Solusi untuk menghadapi tantangan di era pandemi adalah marketing dan innovation. Marketing sebagi ruh di dalam sebuah bisnis tentunya harus pintar-pintar bagaimana kita mengetahui pola baru dan kebiasaan baru dari konsumen kita. Dan inovasi yang baik tentunya harus memiliki diferensiasi dan daya saing produk,” ujar Tri.

Tri menyampaikan, new normal telah memunculkan berbagai tantangan bisnis. Dimana banyak pelaku brand telah melakukan adaptasi bisnis, salah satunya dengan mengikuti behaviour konsumen yang secara perlahan tapi pasti telah bermigrasi ke arah digital.

Hal ini telah dibuktikan dengan pengguna internet yang saat ini telah menyentuh angka 170 juta lebih dengan 60% diantaranya secara market, mereka menggunakan internet sebagai salah satu sarana interaksi.

“Era new normal ini menjadi suatu hal penting untuk kita lalui supaya kedepannya bisnis kita bisa tetap terus tumbuh dan berkembang. Transformasi digital dan juga digitalisasi bisnis telah terjadi di Indonesia. Jadi 2 tantangan ini telah menghiasi tren di Indonesia dalam menghadapi era new normal,” kata Tri.

Di era new normal sendiri, lanjut Tri, teknik pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tentunya berhubungan dengan ranah digitalisasi. Salah satunya melalui online shopping yang saat ini telah menjadi kebiasaan baru di Indonesia. Dimana dalam sebuah survei disebutkan bahwa sekitar 80% orang Indonesia telah melakukan kegiatan belanja online selama masa pandemi. Sehingga potensi belanja online boleh dibilang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

“Jika dulu hanya makanan saja yang ramai dibeli secara online, kini kebutuhan sehari-hari pun telah banyak dilakukan melalui online,” ujarnya.

Tentunya, selain itu, adaptasi melalui inovasi juga tak boleh lepas dari genggaman para pelaku brand yang ingin tetap tumbuh dan berkembang di era new normal ini. Terdapat 3 poin penting dalam inovasi yakni inovasi yang baik adalah yang diterima pasar, inovasi yang diciptakan bisa memberikan solusi untuk pelanggan, dan inovasi yang bisa memberikan revenue yang tinggi terhadap perusahaan.